Psikologi Fungsional (Wiliam James)

Psikologi Fungsional (Wiliam James)

Wiliam James (1842-1910) merupakan pelopor psikologi fungsional di Amerika. Psikologi fungsional memandang psikis (mind) sebagai fungsi atau sesuatu yang digunakan oleh organisme untuk menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan lingkungannya. Karena itu psikologi fungsional mempunyai pandangan yang berbeda dengan psikologi struktural dari Wundt. Psikologi fungsional mempelajari psikis tidak bertitik tolak pada komposisi atau struktur mental yang terdiri dari elemen-elemen, tetapi dari proses mental yang mengarah pada akibat-akibat yang praktis.
Salah satu teori James yang sangat populer adalah teori mengenai emosi. Menurutnya gejala kejasmanian merupakan sebab timbulnya emosi. Pada waktu yang bersamaan seorang ahli fisiologi Denmark yaitu Carl Lange mengajukan teori yang sama dengan teori James, sehingga teori itu lalu dikenal sebagai teori James-Lange tentang emosi. Teori ini pada umumnya dipandang sebagai teori yang lama dan kontroversial dibandingkan dengan teori-teori emosi yang lain.

No comments:

Post a Comment

Dark Psychology (Narsissism)

Orang narsisis dikategorikan sebagai orang yang memiliki gambaran berlebihan tentang dirinya dan sering kecanduan berfantasi tentang dirinya...