SWOT Analysis (Part 2)

Melaksanakan analisis ini akan selalu menjadi yg memperjelas - baik dalam hal apa yang perlu dilakukan, dan menempatkan masalah dalam perspektif. Anda juga dapat menerapkan analisis SWOT untuk pesaing Anda. Saat Anda melakukannya, Anda akan mulai melihat bagaimana dan di mana Anda harus bersaing dengan mereka.

Alat yang dipakai untuk menyusun faktor-faktor strategis perusahaan adalah Matrik SWOT. Matrik SWOT ini dapat menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi perusahaan dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya. Matrik ini dapat menghasilkan 4 (empat) set kemungkinan alternatif strategis.

a) Strategi SO
Strategi ini dibuat berdasarkan jalan pikiran perusahaan, yaitu dengan memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya.

b) Strategi ST
Ini adalah strategi dalam menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk mengatasi ancaman.

c) Strategi WO
Strategi ini diterapkan berdasarkan pemanfaatan peluang yang ada dengan cara meminimalkan kelemahan yang ada.

d) Strategi WT
Strategi ini didasarkan pada kegiatan yang bersifat defensif dan berusaha meminimalkan kelemahan yang ada serta menghindari ancaman.

Lingkungan tersebut dapat dibagi dua yaitu Lingkungan Eksternal dan Lingkungan Internal
Lingkungan Eksternal
Lingkungan Eksternal adalah suatu kekuatan yang berada di luar perusahaan dimana perusahaan tidak mempunyai pengaruh sama sekali terhadapnya (uncontrolable) sehingga perubahan-perubahan yang terjadi pada lingkungan ini akan mempengaruhi kinerja semua perusahaan dalam industri.
Arus globalisasi dari berbagai aspek (antara lain, informasi, komunikasi, budaya, ekonomi dan perdagangan), perkembangan teknologi serta munculnya blok-blok perdagangan dan iklim perdagangan bebas abad ke-21 akan menimbulkan persaingan yang ketat hampir di segala bidang usaha. Tingkat persingan yang ketat dan komplek dimasa-masa mendatang menuntut tersedianya sumber daya dan dana yang cukup memadai.
Perkembangan teknologi modern memasuki berbagai dunia usaha terutama dalam bidang teknologi komunikasi dan informasi.  Keadaan demikian akan menuntut tersedianya SDM yang professional dan andal.
Lingkungan Eksternal terdiri dari 3 (tiga) macam lingkungan, yaitu:
_ Lingkungan Umum (General Environment)
_ Lingkungan Industri
_ Lingkungan Internasional

Salah satu tugas manager adalah mengalisis kekuatan persaingan di lingkungan indsutri dimana perusahaanya beroperasi agar dapat diketahui peluang dan ancaman. 

Kerangka berpikir yang digunakan adalah The Five Forces Model. Menurut Model ini, persaingan dalam suatu industri dibentuk oleh 5 kekuatan yaitu:
Risiko masuknya pesaing potensial (risk of entry by potential competitors)
Tingkat persaingan yang berlangsung (degree of rivalry among established companies)
Kekuatan penawaran pembeli/pelanggan (bargaining power of buyers)
Kekuatan penawaran pemasok (bergaining power of suppliers)
Ancaman oleh adanya produk-produk substitut (the threat of substitute products)

Lingkungan InternaL
Lingkungan Internal adalah lebih pada analisa intern perusahaan dalam rangka menilai atau mengidentifikasikan kekuatan dan kelemahan dari tiap-tiap divisi, antara lain pemasaran, produksi, dan pabrikasi, riset dan pengembangan, keuangan dan akuntansi, sistem informasi, pengelolaan sumber daya manusia, dan sebagainya). Setiap kegiatan yang dilakukan dengan baik oleh organisasi tersebut atau setiap sumber daya unik yang dimilikinya disebut kekuatan. Sedangkan kelemahan adalah kegiatan yang tidak dapat dilakukan dengan baik oleh organisasi tersebut atau sumber daya yang dibutuhkan tetapi tidak dimiliknya.

Contoh Sudi SWOT : 

Seiring dengan berkembangnya pariwisata di Indonesia dan adanya perhatian dari pemerintah maka hotel yang merupakan sarana akomodasi dalam sektor pariwisata juga mengalami perkembangan yang sangat pesat. Banyaknya hotel yang beroperasi menyebabkan persaingan bisnis perhotelan semakin meningkat. Untuk memenangkan persaingan tersebut maka strategi pemasaran merupakan alat yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran melalui bauran pemasaran, pasar dan biaya pemasaran. Analisis SWOT merupakan salah satu metode untuk menentukan strategi pemasaran dengan cara memformulasikan faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang terdapat pada suatu hotel.
Penerapan analisis SWOT pada Hotel Inna Simpang Surabaya menunjukkan bahwa hotel memiliki :
1.Kekuatan 
2.Lokasi hotel
3.Marketing relation
4.Variasi harga kamar
5.Bentuk arsitektur bangunan
6.Kualitas pelayanan
7.Kualitas layanan sebelum, pada saat dan setelah penjualan
8.Ketrampilan karyawan
9.Insentif yang digunakan untuk memotivasi kerja

Kelemahan 
1.Segmentasi pasar
2.Posisi perusahaan
3.Strategi promosi
4.Fasilitas hotel
5.Sarana dan prasarana kerja karyawan
6.Fasilitas dan kualitas kamar

Peluang 
1.Keadaan politik dan keamanan Indonesia
2.Peraturan pemerintah yang berlaku
3.Liburan sekolah
4.Aktivitas perusahaan lain yang dilakukan hotel
5.Kemampuan daya beli konsumen
6.Nilai tukar rupiah yang berfluktuasi
7.Persepsi konsumen terhadap bentuk arsitektur bangunan
8.Kebersihan kota 

Ancaman 
1.Travel warning
2.Persaingan antar hotel
3.Banyaknya cafe dan restaurant di sekitar hotel
4.Perubahan selera konsumen
5.Hotel baru yang muncul

Berdasarkan analisa SWOT maka diketahui bahwa hotel memiliki kekuatan yang lebih besar daripada kelemahannya, dan peluang yang besar untuk berkembang. Berdasarkan kondisi tersebut maka Hotel Inna Simpang Surabaya berada dalam posisi strategi SO yang mendukung terwujudnya pertumbuhan yang agresif yaitu dengan jalan ekspansi. Strategi ekspansi melalui strategi pengembangan pasar yaitu memperkenalkan produk atau jasa yang sudah ada ke wilayah geografi baru, strategi penetrasi pasar yaitu mencari pangsa pasar yang lebih besar untuk produk atau jasa yang sudah ada saat ini lewat usaha pemasaran yang lebih gencar dan inovatif, strategi pengembangan produk yaitu berusaha meningkatkan penjualan dengan memperbaiki produk atau jasa yang sudah ada atau pengembangan produk baru, dan yang terakhir adalah strategi diversifikasi yaitu menambah produk atau jasa baru pada pasar yang baru, strategi ini dapat dilakukan dengan menciptakan produk baru yang masih berkaitan. Strategi-strategi ini dijalankan dengan Cara memanfaatkan peluang yang ada dengan jalan mengoptimalkan kekuatan internal hotel.
Dari analisis strategi pemasaran di Hotel Inna Simpang Surabaya maka dapat disimpulkan bahwa
Produk yang ditawarkan berupa jasa pelayanan penyediaan kamar atau ruangan. 
Penetapan harga sesuai dengan jenis kamar dengan pemberian komplementari berupa gratis satu buah kamar untuk pemesanan kamar dalam jumlah yang cukup banyak. 
Saluran distribusinya yaitu menjalin hubungan kerjasama dengan perusahaan swasta, instansi pemerintah dan travel agent. 
Kegiatan promosi, dilakukan dengan mengikuti pameran dan promosi melalui radio ataupun media cetak. 
People, pelaksanaan evaluasi dan pelatihan bagi karyawan agar lebih terampil dalam menghadapi tamu.
physical evidence, penjagaan lingkungan fisik untuk menunjang performance hotel dan penyesuaian lingkungan fisik agar dapat mengikuti perkembangan jaman tanpa meninggalkan ciri khasnya. 
Untuk mendukung proses kelancaran jasa yang diberikan maka pihak hotel memberikan pelatihan dan pendidikan kepada para karyawan serta adanya standar kualitas kerja karyawan.

Analisis SWOT adalah sebuah kerangka kerja untuk menganalisis perusahaan Anda kekuatan dan kelemahan, serta peluang dan ancaman yang dihadapi. Hal ini akan membantu Anda untuk fokus pada kekuatan, meminimalkan kelemahan, dan kemungkinan besar mengambil keuntungan dari peluang yang tersedia.

Paparan Tentang Analisis SWOT :

SWOT analysis bisa sangat-sangat subjective. Bisa saja terjadi 2 orang menganalisa 1 perusahaan yg sama menghasilkan SWOT yg berbeda. 
Pembuat analisa harus sangat-sangat realistis dalam menjabarkan kekuatan dan kelemahan internal. Kelemahan yg disembunyikan atau kekuatan yg tidak terjabarkan akan membuat arahan strategi menjadi tidak bisa digunakan. 
Analisa harus didasarkan atas kondisi yg sedang terjadi dan bukan situasi yg seharusnya terjadi. 
Hindari grey areas. Utk memudahkan membedakan antara kekuatan dan kelemahan, selalu hubungkan situasi yg dihadapi dgn persaingan yg sedang berjalan. Apakah perusahaan Anda lebih baik dari kompetitor atau tidak?. 
Hindari kerumitan yg tidak perlu dan analisa yg berlebihan. Buatlah analisa SWOT sesingkat dan sesederhana mungkin.

No comments:

Post a Comment

Dark Psychology (Narsissism)

Orang narsisis dikategorikan sebagai orang yang memiliki gambaran berlebihan tentang dirinya dan sering kecanduan berfantasi tentang dirinya...