3 Aspek Motivasi

 Jadi motivasi adalah keadaan dalam diri individu atau organisme yang mendorong perilaku kearah tujuan (Walgito,2004:220). Sedang menurut Rod Plotnik (2005:328), Motivasi mengacu pada berbagai faktor-faktor fisiologi dan psikologi yang menyebabkan seseorang melakukan aktivitas dalam cara yang spesifik pada waktu yang khusus (“Motivation refers to the various physiological and psychological  factors that cause us to act in specific way at a particular time”). Selanjutnya menurut Prof. Bimo Walgito motivasi mengandung 3(tiga) aspek, yaitu:
a. Keadaan yang mendorong dalam diri organisme yaitu kesiapan yang bergerak karena kebutuhan jasmani, keadaan lingkungan, keadaan mental (berpikir dan ingatan).
b. Perilaku yang timbul dan terarah karena keadaan tersebut.
c. Goal atau tujuan yang dituju oleh perilaku tersebut.

Sedangkan menurut Rod Plotnik seseorang yang termotivasi menunjukkan tiga ciri sebagai berikut:
a. Anda terdorong berbuat atau melaksanakan sesuatu kegiatan (You are energized to do engage in some activity).
b. Anda langsung mengarahkan kekuatan anda mencapai suatu tujuan yang khusus (You direct your energies toward reaching a specific goal).
c. Anda mempunyai intensitas perasaan-perasaan yang berbeda tentang pencapaian tujuan (You have differing intensities of feelings about reaching that goal).

No comments:

Post a Comment

Dark Psychology (Narsissism)

Orang narsisis dikategorikan sebagai orang yang memiliki gambaran berlebihan tentang dirinya dan sering kecanduan berfantasi tentang dirinya...