Bidang Penelitian Psikologi

 Bidang Penelitian/Bidang Kajian Psikologi

Plotnik (2005:18) membedakan bidang penelitian psikologi menjadi 7 (tujuh) wilayah penelitian:

a. Psikologi Sosial mencakup penelitian tentang hubungan sosial, sterotip (stereotypes), prasangka, sikap, konformitas (ingin menjadi sama/konform), perilaku kelompok, dan agresi/kekerasan.

b. Psikologi Kepribadian mencakup penelitian tentang perkembangan kepribadian (personality development), perubahan kepribadian (personality change), pengukuran, dan perilaku abnormal.

c. Psikologi Perkembangan mencakup penelitian tentang perkembangan moral, sosial, emosional dan perkembangan kognitif yang tercermin dari seluruh kehidupan pribadi.

d. Psikologi Eksperimen mencakup bidang sensasi, persepsi, pembelajaran, performansi (performance), motivasi dan emosi.

e. Psikologi Biologi mencakup penelitian tentang perubahan fisik dan kimia yang terjadi selama stress, selama belajar, selama mengalami emosi, selama mengalami kondisi yang diwariskan dari keturunan, dan mempelajari apa yang terjadi dalam otak, dan dalam interaksi sistem syaraf dengan lingkungan, serta pengaruhnya terhadap perilaku.

f. Psikologi Kognitif ; mencakup bagaimana individu memroses, menyimpan, mendapatkan kembali informasi dan bagaimana proses kognitif mempengaruhi perilaku.

g. Psikometrik; berfokus pada pengukuran kemampuan, keterampilan, intelegensi, kepribadian dan perilaku abnormal.

No comments:

Post a Comment

Dark Psychology (Narsissism)

Orang narsisis dikategorikan sebagai orang yang memiliki gambaran berlebihan tentang dirinya dan sering kecanduan berfantasi tentang dirinya...