Proses Perubahan Sikap
Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Sikap :
- Mempelajari Pesan
- Mengalihkan Perasaan
Mengalihkan Perasaan Terhadap suatu objek terhadap objek lain
- Mekanisme Konsistensi
Inkosistensi akan terasa tidak menyenangkan dan akan menuntun ke perubahan untuk memulihkan konsistensi
- Argumen Sanggahan
Menolak pesan karena lebih banyak pertimbangan
Komunikator
Semakin baik penilaian seseorang terhadap komunikator, semakin mudah orang tersebut mengubah sikapnya
Faktor Yang Mempengaruhi :
- Keahlian (Expertness)
Sumber berkredibilitas tinggi menimbulkan lebih banyak perubahan
- Keterandalan (Trustworthiness)
Memperhatikan objektivitasnya dan tidak memihak, menyatakan sikap dengan benar
- Rasa Suka
Kesamaan adalah dasar penting dari rasa suka
- Kelompok Acuan (Reference Groups)
Rasa suka dan kesamaan membuat kelompok sangat efektif dalam merubah sikap seseorang
- Komunikator lawan Pesan
Sumber diterima begitu saja karena keahlian atau rasa suka terhapnya tanpa memperdulikan argumen.
Komunikasi
Faktor Komunikasi (Pesan) Yang Dapat Mempengaruhi Sikap :
-Kesenjangan (antara harapan dengan keadaan saat ini)
Semakin besar kesenjangan, semakin besar tekanan potensial untuk berubah (antara harapan dengan keadaan saat ini)
- Bangkitnya Rasa Takut
- Agresi
Subyek yang agresif lebih dipengaruhi oleh komunikasi yg bersifat menghukum, non agresif (toleran)
Target
Target ini merupakan komunikan, setiap target mempunyai karakteristik berbeda
- Keterikatan (Commitment)
Tindakan yang dilakukan berdasarkan sikap.
Pernyataan tentang sikap yang diungkapkan kepada orang lain menimbulkan keterikatan lebih besar
Pemilihan pendapat secara bebas menimbulkan perasaan keterikatan lebih besar daripada dipaksakan
- Kekebalan (Inoculation)
Dipengaruhi Pengalaman masa lalu
- Faktor Kepribadian
Situasi
- Peringatan Berarti Persiapan
Mereka yang diberi peringatan terlebih dahulu akan kurang terpengaruh terhadap pembicaraan (pesan)
- Distraksi (Pengalihan perhatian )
Dalam kondisi distraksi orang lebih terpengaruh
Sikap Selalu Berubah
Faktor yang mempengaruhinya :
- Pengulangan
Akan efektif dalam skala tertentu
- Perubahan Sikap yang Spontan
Seperti menarik kesimpulan dari 2 hal
- Kemantapan Perubahan Sikap
- Kredibilitas sumber
- Lingkungan dimana menetap
Respons
- Positif:
Perubahan Sikap
- Negatif :
Menghina Sumber
Pengubahan pesan
Penolakan Terselubung
No comments:
Post a Comment