Perilaku Perangkap

Perilaku Perangkap

Adalah situasi dimana individu atau group memulai pada bagian perilaku yang menjanjikan  kemudian menjadi tidak menyenangkan dan menjadi sulit keluar dari situasi itu (John Platt 1973).
Misal : menelfon operator dan ketika itu operator sibuk dan disuruh menelfon kembali , kita terus dan terus menelfon tetapi selalu sibuk operatornya. 

Countertraps bangkit ketika kita menjauh dari perilaku yang berpotensi menguntungkan, sedangkan perangkap terjadi ketika kita mengambil yang berpotensi berbahaya merusak program aksi kita (Guyer 1980).
Misal : ketika menghindari telfon ke operator  pada tenggang waktu dan ketika kita telfon operator tetapi sedang sibuk maka terperangkap. 

Klasifikasi dari Perangkap
1. Perangkap Tenggang Waktu
2. Perangkap Ketidaktahuan
3. Perangkap Investasi
4. Perangkap Kemunduran
5. Perangkap Bersama

Perangkap Tenggang Waktu
Misalkan : Ketika kita berusaha untuk menghindari rokok tetapi untuk keluar sulit karena kita tahu bahwa tenggang waktu untuk terkena penyakit kanker sangat lama tidak langsung.


Perangkap Ketidaktahuan
Misalkan : Ketika pada abad ke 19 banyak perokok tidak mengetahui akan menyebabkan kanker paru-paru, ketika informasi ini belum didapat maka banyak yang berfikir untuk merokok
Biasanya perangkap ketidaktahuan terjadi ketika bagian dari hidup kita ada  sesuatu yang baru diambil keputusannya. 
Misal : memilih sekolah 

Perangkap Investasi
Terjadi ketika prioritas pengeluaran dari uang, waktu atau lainnya membawa orang untuk membuat pilihan yang mereka tidak punya.
Misal : seseorang inves uang untuk sebuah perusahaan ketika proyek produk 90% ada perusahaan lain yang membuat produk yang sama, maka sisa projek 10% dianjurkan diteruskan oleh 85% suara, dan hanya 15% yang rela membelanjakan uangnya untuk kemajuan, agar membuat yang beda. 

Perangkap Kemunduran
Perangkap ini mirip dengan perangkap investasi
Kecuali keuntungan dan kerugiannya.
Misalkan : seseorang mencoba heroin untuk pertama kalinya enak, maka untuk merasakan yang perasaan yang sama maka harus ditambah dosisnya. 

Perangkap Bersama 
Dalam perangkap, ini pencarian kepentingan individual berakibat  konsekuensinya terhadap kelompok.
Misalkan : Ada 2 tahanan A dan B, jika jika A mengaku maka B dipenjara 10 thn dan A bebas, jika A diam maka A akan dipenjara 10 thn dan B bebas, jika berdua mengaku maka masing2 mendapat 5 tahun.  
 
Berapa Banyak yang Akan Anda Bayarkan Untuk Dolar??
Salah satu Perilaku Perangkap yang terbaik dalam penelitian psikologi adalah pelelangan dolar, permainan ini adalah gabungan dari  Perangkap bersama, Perangkap investasi, Perangkap ketidaktahuan (Martin Shubik 1971).
Tidak ada komunikasi yang mengijinkan diantara penawar pada saat lelang terjadi
Tawaran bisa membuat pada kelipatan 5 cents
Tawaran harus melebihi $50.00 (untuk melindungi penawar dari antusiasme)
2 penawar tertinggi dapat membayar apa yang ditawarkan, meskipun dolar hanya pergi ke penawar tertinggi (setelah itu juru lelang dapat mengembalikan kerugian)

Sedalam Lutut di Kubangan Lumpur Besar
Seperti di pelelangan dolar , “jika belum ada yang menyerah maka akan berjalan trus.” (Jeffrey Rubin 1985)
Terjebak dalam arti proses pembuat keputusan individual dengan jalan meningkatkan komitment untuk pilihan sebelumnya, meskipun tidak berhasil, rangkaian tindakan untuk membenarkan atau “membuat baik” pada “investasi utama”  

Jalan Keluar yang Baik
“Bawa keluar phase memajukan biaya-biaya” sebelum komitmen dibuat , untuk dengan tegas mempertimbangkan biaya  untuk penarikan kembali sebelum menaikan biaya  pada resiko jangka panjang. 
Pada awalnya membuat initial yang dibuat oleh orang yang berbeda dan baru dibuat keputusan selanjutnya (dengan mempertimbangkan initial yang sudah dibuat)









No comments:

Post a Comment

Dark Psychology (Narsissism)

Orang narsisis dikategorikan sebagai orang yang memiliki gambaran berlebihan tentang dirinya dan sering kecanduan berfantasi tentang dirinya...