Pemecahan Masalah (Problem Solving)

Pemecahan Masalah (Problem Solving)

Menurut Bimo Walgito (1980: 180) pemecahan masalah adalah: directed yang mencari pemecahan dan dipacu untuk mencapai pemecahan tersebut. Jadi pemecahan masalah merupakan tugas untuk mendapatkan cara ß memecahkan masalah. Sedang menurut Plotnik à pemecahan masalah meliputi pencarian beberapa aturan, rencana atau strategi yang hasil pencarian tersebut merupakan suatu tujuan tertentu yang saat ini berada di luar jangkauan. 

Problem solving involves searching for some rule, plan, or strategy that results in our reaching a certain goal that is currently out of reach(Plotnik, 2005: 308). Jadi dalam pemecahan masalah perlu ada aturan (rules). Aturan dapat dibedakan menjadi 2 macam : Algoritma dan Horistik.

a. Algoritma merupakan suatu perangkat aturan, dan apabila aturan ini diikuti dengan benar maka akan ada jaminan adanya pemecahan masalah.

Definisi ini cocok dengan definisi yang dikemukakan Plotnik yaitu: satu set aturan yang pasti, apabila diikuti aturan tersebut secara teliti, akhirnya akan membimbing ke suatu pemecahan Algorithms are a fixed set of rules that, if followed correctly, will eventually lead to a solution(Plotnik, 2005: 308).

b. Dalam kenyataan sehari-hari banyak persoalan yang dihadapi seseorang tidak menggunakan aturan algoritma, tetapi strategi yang didasarkan oleh pengalaman dalam menghadapi masalah yang mengarah pada pemecahan masalah, walaupun tidak ada jaminan akan kesuksesan. Cara ini disebut horistik (heuristic).

Sedang Plotnik mendefinisikan heuristic sebagai aturan-aturan sepintas lalu atau jalan pintas pemikiran yang pintar dan kreatif, yang mengurangi jumlah kegiatan dan menyediakan suatu pemecahan masalah yang lebih mudah dan cepat.

Heuristic rules of thumbs, or clever and creative mental shortcuts, that reduce the number of operations and allow one to solve problems more easily and quickly” (Plotnik, 2005: 308).

No comments:

Post a Comment

Dark Psychology (Narsissism)

Orang narsisis dikategorikan sebagai orang yang memiliki gambaran berlebihan tentang dirinya dan sering kecanduan berfantasi tentang dirinya...