Cara memperoleh Konsep

Cara memperoleh Konsep

Untuk memperoleh konsep/pengertian ada 2 macam: - tidak sengaja, - sengaja. Tidak sengaja sering disebut pengalaman , tetapi tidak berarti yang sengaja diperoleh tidak melalui pengalaman.

Anak pada umumnya memperoleh pengertian melalui pengalaman tidak dengan sengaja à melalui proses generalisasi à kemudian dengan daya berpikirnya timbul proses deferensiasi à membedakan satu dengan yang lain.

Pada proses sengaja, pengertian dibentuk dengan penuh kesadaran, melalui prosedur: - tingkat analisis, - tingkat komparasi, - tingkat abstraksi dan - tingkat menyimpulkan.

Contoh pengertian mengenai belajar

a. Tingkat analisis: orang mengadakan analisis terhadap bermacam-macam belajar, dan masing-masing kegiatan belajar diteliti sifat-sifatnya, semua sifat-sifat itu dicatat secara seksama.

b. Tingkat komparasi: membandingkan sifat yang satu dengan yang lain, dicari sifat-sifat yang umum dan sifat-sifat yang khusus.

c. Tingkat abstraksi: menyatukan sifat-sifat yang sama dan menyampingkan sifat-sifat yang tidak sama.

d. Tingkat menyimpulkan: menarik kesimpulan setelah mengadakan abstraksi dan memberikan pengertian bahwa belajar adalah proses perubahan perilaku tetapi tidak karena minum obat sakit atau kelelahan melainkan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memperoleh pengetahuan atau keterampilan.

No comments:

Post a Comment

Dark Psychology (Narsissism)

Orang narsisis dikategorikan sebagai orang yang memiliki gambaran berlebihan tentang dirinya dan sering kecanduan berfantasi tentang dirinya...