Komunikasi yang ideal :
1. Efektif : pesan/informasi yang disampaikan diterima dengan baik tanpa adanya distorsi oleh penerima pesan.
2. Efisien : Proses komunikasi dilakukan dengan biaya seminimal mungkin
Hambatan dalam Komunikasi Efektif :
1. Frame of Reference
Setiap individu dapat menginterpretasikan pesan yang sama secara berbeda disebabkan, nilai, sikap kebutuhan yang berbeda.
Cth : Instruksi CEO untuk meningkatkan laba perusahaan kepada seluruh departemen
2. Selective Listening
Individu mem-blok informasi yang bertentangan dengan belief/kepercayaannya.
Cth : kenaikan BBM untuk menjaga pertumbuhan ekonomi
3. Value Judgments
Individu memberikan interpretasi pesan secara subyektif.
Cth : kampanye dalam pilkada
4. Source Credibility
Individu berasumsi thd rasa percaya dan keyakinan pada diri pemberi pesan/communicator.
Cth : janji pemimpin yang sering memanipulasi data akan diabaikan oleh bawahannya
5. Semantic Problems
Masalah makna kata yang mempunyai dua arti yang berbeda.
Cth : iklan susu bendera
6. Filtering
Terjadi pada “downward communication” dengan memanipulasi informasi sehingga dinilai positif/baik.
Cth : instruksi pemimpin terhadap bawahannya
7. In-Group Language
Penggunaan jargon/istilah yang tidak diketahui oleh semua kalangan.
8. Status Differences
Distorsi terjadi akibat posisi karyawan yang berbeda dalam organisasi
9. Time Pressures
Waktu yang sempit menyebabkan distorsi pesan.
Cth : pelayan restoran
10. Communication Overload
Terlalu banyak referensi/informasi menyebabkan distorsi.
No comments:
Post a Comment