Komunikasi Dalam Organisasi (2)

 Komunikasi yang ideal :

1. Efektif : pesan/informasi yang disampaikan diterima dengan baik tanpa adanya distorsi oleh penerima pesan.

2. Efisien : Proses komunikasi dilakukan dengan biaya seminimal mungkin



Hambatan dalam Komunikasi Efektif : 

1. Frame of Reference

Setiap individu dapat menginterpretasikan pesan yang sama secara berbeda disebabkan, nilai, sikap kebutuhan yang berbeda.
Cth : Instruksi CEO untuk meningkatkan laba perusahaan kepada seluruh departemen

2. Selective Listening 

Individu mem-blok informasi yang bertentangan dengan belief/kepercayaannya. 
Cth : kenaikan BBM untuk menjaga pertumbuhan ekonomi

3. Value Judgments
Individu memberikan interpretasi pesan secara subyektif.
Cth : kampanye dalam pilkada 

4. Source Credibility 
Individu berasumsi thd rasa percaya dan keyakinan pada diri pemberi pesan/communicator. 
Cth : janji pemimpin yang sering memanipulasi data akan diabaikan oleh bawahannya

5. Semantic Problems
Masalah makna kata yang mempunyai dua arti yang berbeda.
Cth : iklan susu bendera 

6. Filtering 
Terjadi pada “downward communication” dengan memanipulasi informasi sehingga dinilai positif/baik.
Cth : instruksi pemimpin terhadap bawahannya

7. In-Group Language
Penggunaan jargon/istilah yang tidak diketahui oleh semua kalangan.

8. Status Differences 
Distorsi terjadi akibat posisi karyawan yang berbeda dalam organisasi

9. Time Pressures
Waktu yang sempit menyebabkan distorsi pesan.
Cth : pelayan restoran

10. Communication Overload
Terlalu banyak referensi/informasi menyebabkan distorsi.

No comments:

Post a Comment

Dark Psychology (Narsissism)

Orang narsisis dikategorikan sebagai orang yang memiliki gambaran berlebihan tentang dirinya dan sering kecanduan berfantasi tentang dirinya...