Segmentasi Pasar


Segmentasi Pasar adalah proses identifikasi subkelompok konsumen yang memiliki kesamaan dalam hal keinginan, daya beli, lokasi geografi, sikap membeli atau kebiasaaan membeli (Kotler, 2000)

Penelitian yang mendalam tentang konsumen bisa menghasilkan identifikasi konsumen sedemikian khususnya, sehingga konsumen dapat disegmentasi secara individu karena pada dasarnya tidak ada dua orang yang mempunyai kebutuhan, keinginan, nilai-nilai, dan pilihan yang sama. Cara segmentasi ini disebut Segmentasi Mikro.

Dalam melakukan segmentasi pasar , ada empat langkah yang harus dilakukan (Hawkins dkk, 1998):
  1. Mengidentifikasi perangkat kebutuhan produk.
  2. Mengelompokkan konsumen yang memiliki perangkat kebutuhan yang serupa.
  3. Mendeskripsikan setiap kelompok.
  4. Memilih satu atau lebih segmen yang akan dilayani.

Semoga bermanfaat....




Prasetijo , R. dkk (2005)

No comments:

Post a Comment

Dark Psychology (Narsissism)

Orang narsisis dikategorikan sebagai orang yang memiliki gambaran berlebihan tentang dirinya dan sering kecanduan berfantasi tentang dirinya...