Pada Bagian 2 ini akan dipaparkan tahap kedua, ketiga dan keempat (lanjutan bag.1) :
Preoperational Period (2 tahun – 7 tahun):
- Semiotic Function , yaitu mulai penguasaan bahasa yang sistematik. Permainan simbolis. Perilaku imitasi juga mulai tampak.
- Egocentrism, yaitu belum mampu berbagi.
- Rigidity of Thought, yaitu bila dikonfrontasikan dengan situasi multidimensional tetap hanya akan berpusat pada satu dimensi saja bisa saja mengabaikan dimensi-dimensi lain dan hubungan antar dimensi.
- Semilogical Reasoning, belum mampu berpikir ke arah kebalikannya.
- Limited Social Cognition, yaitu keterbatasan berpikir secara sosial
- Conservation, yaitu berhubungan dengan pertanyaan bagaimana anak memperoleh pengertian bahwa sifat-sifat tertentu suatu objek akan sama meskipun terjadi transformasi pada objek tersebut
- Class-Inclusion atau Classification, yaitu membuat kategorisasi kelas-kelas seperti percobaan balok beda bentuk dan warna & percobaan jumlah kucing dan anjing.
- Relation atau Seriation, yaitu kemampuan untuk merangkai secara bersama-sama suatu seri elemen menurut beberapa hubungan yang mendasarinya. Bisa menghubungkan banyak hal atau dimensi.
- Scientific Method, yaitu berpikir secara teoritis, melakukan analisa terhadap masalah, strategi penyelesaian
- Hypothetical Reasoning, yaitu percobaan kombinasi percampuran warna pada cairan di gelas, berpikir secara teoritis, matriks dalam bayangan, perilaku problem solving
No comments:
Post a Comment