SWOT Analysis


Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) adalah teknik untuk mengidentifikasi Kekuatan, Kelemahan, dan untuk memeriksa Peluang dan Ancaman yang anda hadapi.

Jika digunakan dalam konteks bisnis, hal ini membantu anda dalam mengukir kembali kesuksesan di dalam bisnis.
Bila digunakan dalam konteks pribadi, ia akan membantu anda mengembangkan karir, dengan cara yang terbaik, mengambil keuntungan dari bakat, kemampuan dan kesempatan yang ada.

Apa yang membuat SWOT menjadi analisis yang cukup bisa diandalkan ?, karena analisis ini dapat membantu anda menemukan peluang yang bagus dari keuntungannya. Dan memahami kelemahan anda, anda dapat mengatur dan menghapuskan ancaman yang lain yang tak disangka-sangka. Lebih dari itu, dengan melihat kepada diri sendiri dan para pesaing dengan menggunakan kerangka SWOT, anda dapat mulai menggunakan strategi yang dapat membantu anda membedakan anda dengan para pesaing, sehingga anda dapat bersaing dengan sukses di pasar.

Cara menggunakan SWOT :
Untuk melaksanakan suatu Analisis SWOT, adalah dengan menjawab beberapa pertanyaan yang dibutuhkan, misalnya seperti yang dibawah ini :
  • Kekuatan : 
  1. Apakah keunggulan perusahaan anda ? 
  2. Apakah yang anda lakukan lebih baik dari orang lain? 
  3. Apakah ada yang unik ?
  4. Apakah biaya produksi anda murah ? 
  5. Bagaimana orang-orang di pasar melihat anda sebagai suatu kekuatan? 
Pertimbangkan Analisis SWOT ini dari perspektif internal, dan dari sudut pandang pelanggan anda dan orang-orang di pasar/eksternal. Dan juga harus realistis. Jika anda mengalami kesulitan, maka cobalah untuk menuliskan daftar karakteristik anda. Beberapa diantaranya diharapkan akan menjadi kekuatan!

Jika melihat kekuatan anda, maka kita harus berpikir tentang para pesaing  - misalnya, jika semua kompetitor menyediakan produk-produk berkualitas tinggi, maka kualitas proses produksi bukan merupakan kekuatan dalam pasar, tetapi ini adalah sebuah kebutuhan.
  • Kelemahan:
  1. Apa yang dapat ditingkatkan? 
  2. Apa yang harus dihindari? 
  3. Apakah orang-orang di pasar cenderung melihatnya sebagai suatu kelemahan?
Sekali lagi, ini dipertimbangkan dari internal dan eksternal : Apakah orang lain memandang kelemahan yang tidak anda lihat ?, Apakah competitor melakukan sesuatu yang lebih baik dari anda ?.
  • Peluang:
  1. Di mana ada peluang baik datang ? 
  2. Apakah tren yang menarik yang anda sadari? 
  • Peluang dapat berasal dari hal-hal sebagai berikut juga : 
  1. Perubahan teknologi 
  2. Pasar yang luas. 
  3. Perubahan dalam kebijakan pemerintah yang terkait. 
  4. Perubahan pola sosial, profil populasi, perubahan gaya hidup, dll.
Kegiatan Penting : "Ketika anda melihat kekuatan (Strenght) , maka tanyakan pada diri anda apakah ini akan membuka peluang (Opportunities) ?. Atau, melihat kelemahan (Weaknesses) diri sendiri dan bertanya apakah anda bisa membuka peluang (Opportunities) yang telah dihilangkan oleh kompetitor ? ." (peluang yang telah dihilangkan oleh kompetitor merupakan akibat dari ancaman)

  • Ancaman:
  1. Apa kendala yang  dihadapi? 
  2. Apa yang harus dilakukan dalam kompetisi? 
  3. Spesifikasi yang diperlukan untuk pekerjaan, produk atau layanan anda apakah telah dirubah? 
  4. Apakah perubahan teknologi mengancam posisi anda? 
  5. Apakah anda memiliki hutang atau arus kas yang bermasalah?
  6. Apakah ada satu kelemahan serius yang mengancam bisnis anda?

Semoga Bermanfaat....

No comments:

Post a Comment

Dark Psychology (Narsissism)

Orang narsisis dikategorikan sebagai orang yang memiliki gambaran berlebihan tentang dirinya dan sering kecanduan berfantasi tentang dirinya...