Pertanyaan Dan Jawaban Untuk Membentuk Sebuah Tim Yang Berkinerja Tinggi
1. Untuk mencapai hasil tim yang berkinerja tinggi langkah apa saja yang harus dilakukan ?
Jawab : Mengubah sudut pandang kita atau harapan tentang tim kerja, dan menyesuaikan perilaku.
2. Apa yang dimaksud paradigma, dan jelaskan ?
Jawab : paradigma adalah persepsi pribadi yang kuat atau komitmen kognitif prematur (Langer, 1989). Dengan kata lain, paradigma kita merupakan sikap kita atau harapan dalam situasi tertentu dan cara bias kita melihat situasi.
3. Sebutkan 5 pergeseran paradigma yang perlu dilakukan, dari individual menjadi tim kerja ?
Jawab :
- Dari performa individu ke performa tim (Kolaborasi yang efektif bekerjasama dengan orang lain)
- Dari pekerjaan individu ke tugas tim (Anggota tim menerima tugas, tugas dari satu sama lain dan melaksanakan tanggung jawab mereka untuk mendukung anggota tim lainnya)
- Dari penghargaan yang competitive ke penghargaan untuk kerjasama (mengubah pola pikir mereka dari "Bagaimana saya bisa melakukan yang lebih baik bagi diri sendiri" menjadi "Bagaimana saya bisa berbuat lebih banyak untuk tim??")
- Dari ketergantungan diri ke ketergantungan tim (Semakin anda mempercayai kemampuan dan niat dari orang lain dalam tim anda, semakin anda akan tergantung pada rekan kerja anda untuk kontribusi mereka dan semakin anda akan merasa wajib untuk menyelesaikan tugas tugas anda sendiri.)
- Dari komunikasi one to one ke interaksi tim (diskusi kelompok Efektif membangun kepercayaan pada kemampuan dan niat dari anggota tim. Trust mengarah ke kerjasama. Ini memperkuat paradigma keterkaitan dan ketergantungan dan meningkatkan motivasi pribadi untuk bekerja lebih keras untuk tim.)
4. Apa yang menyebabkan tim tidak bekerja dengan baik ?
Jawab :
- Berjudi dalam group, pengambilan sebuah keputusan yang lebih beresiko daripada membuat keputusan sendiri (adanya pembagian tanggung jawab, polarisasi kelompok dan deindividuasi).
- Terjadi groupthink ,groupthink terjadi ketika kelompok anggota menyetujui pemikiran pemimpin tanpa mempertimbangkan pilihan alternatif atau proposal.
5. Sebutkan 7 langkah untuk mensukseskan tim
Jawab : Pilih anggota tim yang tepat, memperjelas penugasan, membentuk karakter tim, mengembangkan perencanaan tindakan yang akan dilakukan, terlibat dalam proses, evaluasi kerja tim, bubar; restrukturisasi atau memperbaharui tim.
6. Apa saja kriteria untuk memilih anggota tim ?
Jawab : Memahami dan menghargai perilaku berbasis keselamatan, komitmen, ketertarikan interpersonal, komunikasi, dan peduli.
7. Apa saja yang dilakukan untuk memperjelas penugasan ?
Jawab : menetapkan misi atau tujuan umum, tentukan sumber daya, wewenang, dan akuntabilitas, berkenalan dengan tugas.
8. Apa saja 5 peran standar tim ?
Jawab :
- Pemimpin Tim memberikan arahan dan memperoleh sumber daya dari luar.
- Tim fasilitator, pertemuan terus fokus dan mendorong partisipasi total.
- Tim administrator, menangani berbagai tugas administrasi seperti mendistribusikan
laporan, jaringan dengan individu di luar dan kelompok, dan mengingatkan anggota
pertemuan tim.
- Bendahara, trek input dan output keuangan.
- Reporter, dokumen dan mendistribusikan agenda rapat.
9. Apa saja 6 langkah dasar untuk menentukan consensus (persetujuan umum)?
Jawab : Tetapkan tujuan akhir, menguraikan kriteria yang diperlukan untuk membuat keputusan kelompok berharga, mengumpulkan informasi, kemungkinan pilihan untuk adanya brainstorm (ilham), mengevaluasi pilihan brainstorming (ilham) apakah berlawanan dengan kriteria kelompok, membuat keputusan akhir sebagai suatu tim.
10. Apa tujuh aturan dasar yang dapat mempromosikan pertemuan tim yang efektif ?
Jawab : Semua berpartisipasi, tidak ada sindiran atau saling menjatuhkan, semua ide diperhitungkan, berusaha untuk benar-benar memberitahu ketika ada yang bertanya, mengikuti komitmen dan tenggat waktu, memberi support kepada keputusan tim, berfikir untuk sukses.
11. Apa saja kriteria untuk membentuk karakter tim ?
Jawab : Tulis pernyataan misi, tetapkan aturan-aturan dasar, menentukan kiriman dan akuntabilitas, menentukan rincian anggaran dan laporan langsung, menetapkan peran standar tim.
12. Apa saja kriteria untuk mengembangkan perencanaan tindakan yang akan dilakukan ?
Jawab : Tetapkan tujuan dengan cerdas, menetapkan tanggung jawab tugas, mengembangkan garis waktu.
13. Apa saja kriteria untuk terlibat dalam proses ?
Jawab : Melakukan pertemuan tim secara produktif, gunakan brainstorming (ilham) dan membangun persetujuan umum, saling mendukung dan korektif.
14. Apa saja komponen yang ada dalam meeting ?
Jawab :
- Review tujuan pertemuan tim.
- Membuat setiap pengumuman yang relevan dengan misi organisasi tim.
- Panggilan untuk laporan kemajuan dari anggota tim, termasuk tujuan proyek, prestasi sejak pertemuan terakhir, dan bantuan khusus atau sumber daya yang dibutuhkan untuk langkah selanjutnya.
- Diskusikan khusus masalah, kesulitan, dan solusi dengan fokus pada positif atau
memeriksa cara untuk mengatasi masalah.
- Mengidentifikasi apa yang perlu terjadi penugasan berikutnya per proyek atau tugas dalam rangka untuk kemajuan dan peningkatan.
- Mengatur waktu dan tanggal untuk pertemuan berikutnya dan menawarkan preview topik atau laporan proyek yang akan dibahas.
15. Apa saja kriteria untuk evaluasi kerja tim ?
Jawab : Mengenali hasil proses, dokumen hasil produk, rayakan prestasi.
16. Apa saja jenis tim karyawan yang diperlukan untuk meningkatkan keselamatan kerja ? berikut penjelasannya
Jawab :
- Tim Pengarah Keselamatan - mengawasi upaya semua tim lainnya yang tercantum di sini.
- Pengamatan dan umpan balik tim - mengembangkan, mengimplementasikan, mengevaluasi, dan memurnikan berbasis pengamatan perilaku dan prosedur umpan balik.
- Ergonomi Tim - melakukan audit berkala dari pengaturan tempat kerja, menampung saran dan mengevaluasi karyawan tentang masalah ergonomis, dan merekomendasikan tindakan korektif untuk lingkungan, perilaku, atau keduanya.
- Tim analisis Insiden - pencari fakta melakukan evaluasi dari dekat, laporan terkena cedera dan luka-luka, termasuk perilaku, lingkungan, dan factor dasar perorangan , dan merekomendasikan tindakan korektif.
- Tim perayaan - rencana dan mengelola kegiatan perayaan untuk mengakui proses kegiatan dan pencapaiannya.
- Tim penghadiahan - mengawasi rancangan, pelaksanaan, evaluasi, dan perbaikan perilaku berbasis insentif / reward program untuk memotivasi partisipasi dalam kegiatan-perbaikan keamanan yang ditunjuk.
- Tim Aksi Pencegahan - mengevaluasi laporan peraturan / kebijakan pelanggaran, memutuskan apakah pelanggar harus dihukum, dan memilih hukuman.
17. Bagaimana mengembalikan tim pada jalurnya ?
Jawab :
- Mendiagnosis dan memecahkan masalah tertentu.
- Meningkatkan manajemen tim.
- Mengembalikan kepercayaan interpersonal di antara anggota tim.
- Memperjelas peran harapan dan kewajiban anggota tim.
- Negosiasi modifikasi atau penugasan kembali dari tanggung jawab tim-anggota tertentu
18. Apa saja tahap yang dilakukan untuk mengembangkan tim ? berikut penjelasannya
Jawab :
- Forming, selama tahap pembentukan, tim mendapat tugas dan anggota berkenalan.
- Storming ( Penyerbuan ), selama tahap menyerbu, tim perebutan tujuan dan anggota bersaing untuk mempengaruhi.
- Norming, selama tahap norming, anggota tim mapan untuk pekerjaan yang produktif dan saling tergantung.
- Performing, selama tahap pertunjukan momentum puncak, dan kerja sama tim mengarah ke sinergi.
- Adjourning, tahap penutupan terjadi ketika kelompok mencapai misinya, merayakan keberhasilannya, dan mungkin untuk dibubarkan.
No comments:
Post a Comment