Bahasa

Bahasa

Telah diterangkan dalam pelajaran yang lalu bahwa untuk mengomunikasikan hasil berpikir orang menggunakan simbol-simbol (bahasa) dan bayangan (image). Simbol-simbol yang berbentuk bahasa tersebut menghasilkan pengertian atau konsep. Atau dapat juga dikatakan bahwa hasil berpikir atau penalaran adalah konsep atau pengertian (Plotnik, 2005: 305).

Fungsi konsep adalah untuk menggolongkan dan menglesifikasikan benda-benda dan kejadian-kejadian serta untuk pemecahan masalah (Walgito, 2004: 179, Plotnik, 2005: 306). Menurut Prof Bimo Walgito terdapat 5 jenis konsep:

-a.Konsep Sederhana, 

-b.Konsep Kompleks, 

-c.Konsep Konjungtif

-d.Konsep Disjungtif, 

-e.Konsep Relational.

Menurut Atkinson dkk (1987: 392) membedakan konsep menjadi 2 jenis konsep:

-a. Konsep Klasik dan -b. Konsep Probabilistik. Tetapi pada tahun (1994) Atkinson dkk membedakan konsep menjadi 4 jenis; -a. Benda: meja, kursi, buku, lemari, dll, -b. Aktivitas: berlari, membaca, makan, tidur, dll, -c. Keadaan: bersih, kotor, cepat, kuat, sakit, tenang, ribut, dll, -d. Abstrak: kebenaran, keadilan, kemanusiaan, kemuliaan, dll.

Isi dan luas konsep berbanding terbalik. Isi konsep berkaitan ciri dan sifat yang membentuk konsep, sedang luas berkaitan dengan pengertian-pengertian yang terkandung dalam suatu konsep. Contoh alat transportasi  à Luasnya lebih besar dibandingkan alat transportasi darat, karena alat transportasi meliputi pengertian alat transportasi darat, laut, udara, sungai, dll. Sedang transportasi darat tidak. Tetapi alat transportasi darat isi lebih besar karena mempunyai ciri-ciri yang lebih banyak.

Cara memperoleh konsep

a. Melalui Pengujian Hipotesis; mencari ciri-ciri yang sesuai dan menolak ciri-ciri yang tidak sesuai.

b. Melalui patokan/contoh yang khas. Contoh konsep perabot meliputi meja dan kursi. Kemudian konsep perabot digunakan sebagai patokan untuk menggolongkan contoh lain seperti bangku dan sofa ke dalam konsep tersebut (perabot).

c. Konsep ilimiah didapat melalui proses  - Analisis, - Komparasi,  -Abstraksi/Kategorisasi,-Kesimpulan.

Bahasa

Setiap kelompok masyarakat mempunyai bahasa sendiri-sendiri à begitu banyak bahasa. Bahasa sangat diperlukan oleh manusia karena:

a. Bahasa merupakan alat untuk menyatakan gagasan.

b. Bahasa juga merupakan alat untuk mengomunikasikan gagasan seseorang kepada orang lain.

c. Bahasa juga berfungsi tidak hanya mengeluarkan gagasan dalam kalimat tetapi juga harus memahaminya.

  Menurut Plotnik (2005: 312) bahasa adalah bentuk komunikasi khusus yang meliputi penggunaan aturan-aturan yang kompleks untuk menyusun dan mengombinasikan simbol-simbol (kata-kata atau gerak isyarat) ke dalam sejumlah kalimat yang bermakna yang tak terbatas Language is a special form of communication that involves learning complex rules to make and combine symbols (words or gestures) into an endless number of meaningful sentencees”.

Bahasa menjadi bentuk komunikasi yang berhasil karena 2(dua) prinsip yaitu kata-kata (words) dan tata bahasa (grammar).

No comments:

Post a Comment

Dark Psychology (Narsissism)

Orang narsisis dikategorikan sebagai orang yang memiliki gambaran berlebihan tentang dirinya dan sering kecanduan berfantasi tentang dirinya...