Gramatika Mental(Mental Grammar) dan Program Otak Pembawaan (Innate Brain Program).

Gramatika Mental(Mental Grammar) dan Program Otak Pembawaan (Innate Brain Program).

Salah satu misteri besar dari penggunaan dan pemahaman bahasa dapat diperlihatkan dalam 2(dua) kalimat sederhana tetapi sangat berbeda. You picked

up a caterpillar (“Engkau memungut seekor ulat bulu”). A caterpillar was picked up by you (“Seekor ulat bulu kau pungut”). Meskipun anda mengetahui susunan kata-katanya berbeda tetapi anda mengetahui bahwa dua kalimat ini mempunyai pengertian yang sama.

Mengapa hal ini dapat terjadi telah dijelaskan oleh seorang ahli linguistik Noam Chomsky (1957). Hal ini berkaitan dengan kemampuan otak yang disebut Gramatika Mental (Mental Grammar) dan Program Otak Bawaan (Innate Brain Program) . Menurut Chomsky otak tidak mampu menghasilkan sejumlah daftar yang memuat seluruh kalimat yang digunakan/dibutuhkan. Tetapi otak mampu mengombinasikan kata-kata benda, kata-kata kerja, kata-kata benda dengan kata-kata kerja dan objek-objek ke dalam berbagai kalimat yang bermakna yang tak terhingga. Kemampuan otak ini oleh Chomsky disebut Gramatika Mental (Mental Grammar). Chomsky argued that the brain contains a program or mental grammar that allows us to combine nouns, verbs, and objects in an endless variety of meaningful sentences”.

Misteri kedua bagaimana mungkin seorang anak berumur 4(empat) tahun tanpa dengan sekolah formal dan dengan pembelajaran dari orang tua yang relatif terbatas dapat berbicara dan memahami bermacam-macam kalimat. Contoh rata-rata anak yang berumur 4tahun dapat menentukan bahwa kalimat : The caterpillar crept slowly across the leaf (“Ulat bulu merangkak lambat melintasi daun”) adalah betul, dan bahwa kalimat:

The crept leaf caterpillar slowly the across (“Rangkak daun ulat bulu lambat melintasi”) adalah tidak mempunyai arti (makna). Hal ini menurut Chomsky karena kemampuan tata bahasa tersebut telah built in dalam otak manusia atau merupakan kemampuan bawaan lahir sehingga disebut Innate Brain Program (Chomsky’s answer is that young children can learn these complex and difficult rules of grammar because our brains come with a built-in, or innate, program that makes learning the general rules of grammar relatively easy”.

Program Otak Bawaan Lahir untuk mempelajari aturan tata bahasa menjelaskan bagaimana seorang anak mempelajari hampir seluruh aturan tata bahasa yang kompleks dan sukar oleh seorang anak berumur 4 atau 5 tahun. Hal ini merupakan hasil interaksi antara perkembangan program otak bawaan sedikit demi sedikit dengan pengalaman terhadap lingkungan sehingga menghasilkan kemampuan menguasai aturan tata bahasa yang komplek.

No comments:

Post a Comment

Dark Psychology (Narsissism)

Orang narsisis dikategorikan sebagai orang yang memiliki gambaran berlebihan tentang dirinya dan sering kecanduan berfantasi tentang dirinya...