Analisis Pekerjaan



Analisis pekerjaan adalah prosedur yang anda lalui untuk menentukan tanggung jawab posisi-posisi pekerjan, dan karakteristik orang-orang yang bekerja untuk posisi-posisi tersebut. Analisis pekerjaan memberikan informasi yang digunakan untuk membuat deskripsi pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan (jenis orang yang harus dipekerjakan untuk pekerjaan tersebut).

Hal-hal yang dilakukan manager SDM untuk mengumpulkan informasi melalui analisis pekerjaan adalah :
  1. Aktifitas Pekerjaan. Mengenai pekerjaan tersebut sebenarnya, dan bagaimana, mengapa, dan kapan pekerja itu melakukan setiap aktivitasnya.
  2. Perilaku Manusia. Seperti merasakan, berkomunikasi, memutuskan,  menulis, mengangkat barang dan berjalan jauh.
  3. Mesin, Perangkat, Peralatan, dan Bantuan Pekerjaan. Seperti perangkat yang digunakan, bahan yang diproses, pengetahuan yang diterapkan dan pelayanan yang diberikan.
  4. Standar Prestasi. Seperti dalam konteks level atau mutu untuk setiap pekerjaan.
  5. Konteks Pekerjaan. Informasi seperti kondisi fisik pekerjaan, jadwal kerja.
  6. Persyaratan Manusia. Persyaratan seperti pengetahuan, keterampilan yang berhubungan dengan pekerjaan, dan atribut pribadi yang dibutuhkan (bakat, karakteristik fisik, kepribadian, minat)
 (Dessler, 2006) 
Semoga Bermanfaat

1 comment:

  1. Assalamu Alaikum Waromatullohi Wabarokatuh…
    Saya riyadi malaysia.
    Di malaysia saya se'orang perantau, sudah 5tahun saya tidak pulang ke indonesia. di sini saya bekerja sebagai buru kasar di salah satu perusahaan pabrik pelstik di malaysia. impian saya ingin sekali punya usaha sendiri, pada suatu ketika saya tidak sengaja membuka situs (blog) Ki Sultan Agung, mendapatkan solusi cepat sukses melalui pesugihan dana hibah, ya... allhamdulillah saya tidak salah langkah, saya bisa dapat bantuan modal melalui ritual dana hibah bank gaib. terima kasih aki karna sudah siap membantu saya.
    “Usaha maju pesat dalam 1 bulan!” kunjungi Webnya di www.rajauanggaib.com

    ReplyDelete

Dark Psychology (Narsissism)

Orang narsisis dikategorikan sebagai orang yang memiliki gambaran berlebihan tentang dirinya dan sering kecanduan berfantasi tentang dirinya...