Metode Kata Kunci (Key Word Method)
Metode ini adalah metode yang digunakan oleh Atkinson (1975), Atkinson dan Raugh (1975), dan Raugh dan Atkinson (1975) dalam eksperimen latihan kata-kata asing. Suatu kata kunci berarti “kata dalam bahasa Inggris yang bunyinya sama dengan bagian dari kata asing” (Atkinson, 1975).
Dalam metode ini setelah subjek mengasosiasikan ungkapan dalam bahasa asing dengan sebuah kata kunci, mereka membentuk gambaran mental hubungan antara kata kunci dengan terjemahan dari ungkapan tersebut.
Contoh :
- Pato, yaitu kata Spanyol untuk “bebek” (“duck”). Pato memiliki bunyi yang sama dengan “pot-o”. Gunakan kata pot sebagai kata kunci, kita dapat mengimajinasikan seekor bebek yang berkalung dengan bandul pot di lehernya.
- Kata Rusia Zronok yang berarti “lonceng” (‘bell”). Zronok berbunyi seperti “zrahn-oak”. Dengan menggunakan kata “oak” sebagai kata kunci, kita dapat mengimajinasikan sebatang pohon oak dengan hiasan lonceng pada mahkota pohonnya.
Skema-skema
Organisasional (Organizational Schemes)
Semua
bentuk/jenis sistem mnemonic adalah didasarkan pada struktur/susunan informasi
sedemikian rupa sehingga mudah untuk diingat.
Struktur tersebut mungkin didasarkan pada tempat, waktu, ortografi, bunyi, perumpamaan, dsb.
Kekuatan lain dari mnemonic adalah mengorganisasikan informasi ke dalam kategori-kategori
semantik,
yang kemudian digunakan sebagai petunjuk (cue)
dalam mengingat kembali.
Contoh
:
Dalam sebuah eksperimen mengingat
kata-kata, kepada subjek diberikan waktu dua menit untuk mempelajari daftar
kata berikut ini :
bird
boy
bread
church
feed
tiger
|
hill
home
nail
nurse
queen
pepper
|
web
hand
glass
apple
hair
grass
|
smoke
wool
vegetable
train
carpet
star
|
Setelah itu, subjek diminta menambahkan
kolom-kolom angka selama empat menit. Kemudian, mereka diminta untuk mencoba mengingat kembali kata-kata
yang berada di dalam daftar. Tiga
kelompok yang lain juga diberi daftar kata-kata yang sama, waktu yang sama, dan
distraktor (tugas selingan) yang sama (yaitu menambah kolom-kolom), tetapi
dengan kondisi-kondisi tertentu, sebagai berikut : Kelompok kedua diberi pula suatu garis yang menggambarkan objek
yang dimaksud oleh kata-kata tersebut kemudian mereka diminta untuk
membayangkan obyek-obyek tersebut. Kelompok ketiga diminta untuk mengingat kata-kata yang sama dengan
membaca cerita dimana kata-kata yang
harus diingatnya berada didalamnya. Akhirnya, kelompok keempat diminta mengingat kata-kata yang telah
disusun secara semantik sepeti dibawah ini.
(Mereka juga diberi tambahan instruksi bahwa mereka dapat membantu
ingatan mereka terhadap kategori-kategori yang ada dengan mengingat nama
B.F.N.A.P.P, yang dibuat berdasarkan huruf pertama dari masing-masing nama
kategori).
Body
Parts
feet
hand
hair
nail
|
Foods
bread
pepper
apple
vegetable
|
Nature
hill
grass
smoke
star
web
|
Animal
Life
boy
nurse
queen
bird
tiger
|
Places
church
home
train
|
Processed
Things
glass
wool
carpet
|
No comments:
Post a Comment