Struktur Organisasi



STRUKTUR ORGANISASI

Cushway & Lodge (1995): Struktur organisasi adalah kerangka kerja yang menjelaskan bagaimana sumber-sumber daya dan alur-alur komunikasi serta pembuatan keputusan dialokasikan dan ditangani.

Ini biasanya ditunjukkan dengan garis-garis pada bagan organisasi, dan biasa disebut “organigram” atau “pohon keluarga”. Garis-garis yang menggambarkan struktur tersebut merupakan gambaran resmi saluran-saluran komunikasi dan komando (tidak selalu menunjukkan yang sebenarnya).

Maksud utama struktur organisasi adalah untuk memastikan bahwa organisasi dirancang dengan cara yang paling baik untuk mencapai sasaran-sasaran dan tujuan-tujuannya.

Robbins (1998): Struktur organisasi menetapkan bagaimana tugas pekerjaan dibagi, dikelompokkan, dan dikoordinasi secara formal.

TUJUAN STRUKTUR ORGANISASI :
  • Menunjang strategi organisasi
  • Mengorganisasikan sumber daya dengan cara yang paling efisien dan efektif 
  • Mengadakan persiapan pembagian tugas dan pertanggungjawaban yang efektif antara perorangan dan kelompok, khususnya bila organisasi menjadi besar dan rumit. 
  • Memastikan koordinasi kegiatan organisasi yang efektif dan menggambarkan proses pembuatan keputusan 
  • Mengembangkan dan menggambarkan garis-garis komunikasi 
  • Memungkinkan peninjauan dan pemantauan kegiatan-kegiatan organisasi secara efektif 
  • Menyediakan mekanisme untuk menyesuaikan diri dengan perubahan pasar, produk, dan keadaan lingkungan internal dan eksternal 
  • Memberikan sarana penanganan keadaan genting dan masalah 
  • Membantu memotivasi, mengatur, dan memberikan kepuasan kerja kepada setiap anggota organisasi
  • Mempersiapkan penggantian manajemen (suksesi)

No comments:

Post a Comment

Dark Psychology (Narsissism)

Orang narsisis dikategorikan sebagai orang yang memiliki gambaran berlebihan tentang dirinya dan sering kecanduan berfantasi tentang dirinya...