Unsur-Unsur Organisasi


Dalam membuat analisis organisasi, terdapat tiga unsur yang masing-masing perlu perlu diteliti secara terpisah dan mendalam, namun harus ditinjau ketiga-tiganya, termasuk keterkaitan dari ketiga unsur itu (Cushway & Lodge, 1995). Ketiga unsur itu seharusnya menunjang misi dan strategi organisasi.

Tiga unsur tersebut adalah:
  1. Struktur Organisasi, menjelaskan bagaimana kewajiban, tugas, dan peran, dialokasikan di dalam organisasi. Hal ini penting karena memiliki dampak terhadap cara orang bekerja dan terhadap efektivitas proses-proses organisasi.
  2. Proses, yaitu mekanisme yang mendasari pelaksanaan kegiatan-kegiatan organisasi. Proses, menentukan susunan organisasi, meskipun proses itu sendiri kemungkinan justru dibuat sesuai dengan struktur organisasi. Proses, juga mempengaruhijenis-jenis tenaga kerja yang dipekerjakan.
  3. Tenaga Kerja, yaitu manusia, sebagai sumber daya inti sebuah organisasi. Tenaga kerja menentukan struktur dan proses organisasi.

No comments:

Post a Comment

Dark Psychology (Narsissism)

Orang narsisis dikategorikan sebagai orang yang memiliki gambaran berlebihan tentang dirinya dan sering kecanduan berfantasi tentang dirinya...