Mnemonics



Yang dimaksud dengan Mnemonics adalah teknik atau alat yang berupa sajak (rima) atau gambaran (image), yang bermanfaat untuk meningkatkan penyimpanan (storage) dan pengingatan informasi yang telah termuat dalam memori.

Dua bagian dari memori termuat dalam definisi : (1) Penyimpanan (storage) atau pengkodean (coding) terhadap informasi; (2) Pengingatan kembali informasi-informasi yang sudah disimpan. Berikut ini kita akan melihat bahwa beberapa teknik mnemonic dapat berhasil dalam membantu ativitas dalam tahap-tahap memori, baik penyimpanan, pengkodean, maupun mengingat.

Ada banyak sekali alat atau cara untuk membantu mengingat (memori). Orang berpidato menggunakan catatan (note); penyiar televisi menggunakan “idiot cards” atau teleprompters; tenaga pemasaran mengenal nama-nama stock dagangannya dari indeks yang mereka miliki; dokter-dokter mengingat gejala-gejala penyakit dari handbooks; dan para mahasiswa/pelajar sering membuat catatan-catatan yang sering digunakan pula sebagai alat contekan (crib cards).

Para orator di jaman Yunani dan Roma kuno untuk mengingat bahan pidatonya mereka menggunakan teknik yang dinamakan “method of loci”; dalam bidang keagamaan, orang telah menggunakan tasbih untuk membantu menghapal doa-doa. Orang Amerika asli menjalankan ritual dan memberi penjelasan mengenai filosofi hidup mereka melalui cerita-cerita yang mereka hafalkan, dan cerita-cerita rakyat yang diceritakan oleh banyak kelompok ini dipenuhi dengan perumpamaan-perumpamaan (imagery) yang hidup untuk memudahkan orang dalam mengingat.

Dalam pembahasan selanjutnya akan dijelaskan tentang beberapa tehnik Mnemonics

No comments:

Post a Comment

Dark Psychology (Narsissism)

Orang narsisis dikategorikan sebagai orang yang memiliki gambaran berlebihan tentang dirinya dan sering kecanduan berfantasi tentang dirinya...