Komponen Keadilan (Teori Keadilan)

Tidak mudah untuk menentukan komponen-komponen dalam teori keadilan yang dapat diterapkan untuk berbagai jenis peran dalam suatu perusahaan. Hal ini perlu dieksplorasi dengan mengenali komponen-komponen dalam teori keadilan secara keseluruhan.
  • Menurut teori keadilan, orang membuat perbandingan antara diri sendiri dan orang lain (tertentu) sebagai rujukan yang terkait dengan dua faktor kunci yaitu Input dan Output (Greenberg, 2007).
  1. Input, terdiri dari hal-hal yang seseorang persepsikan sebagai kontribusi yang mempunyai nilai terhadap mereka dalam sebuah hubungan. Dalam situasi kerja, input mungkin terdiri dari pengalaman seseorang, pengetahuan, keterampilan, masa kerja, dan usaha.
  2. Output, adalah penerimaan yang dirasakan dari sebuah pertukaran hubungan-yaitu, apa yang orang percaya untuk keluar dari (pekerjaan/usaha) itu. Pada pekerjaan, hasil utama adalah mungkin hadiah seperti pembayaran dan balas jasa, pengakuan, dan status individu diberikan oleh orang lain.
  • Menurut (Robbins, 2007) ada 2 komponen, Input dan Output
  1. Input, Seperti usaha, pengalaman, pendidikan dan kompetensi. 
  2. Output, Seperti tingkat gaji, kenaikan gaji, dan pengakuan.

No comments:

Post a Comment

Dark Psychology (Narsissism)

Orang narsisis dikategorikan sebagai orang yang memiliki gambaran berlebihan tentang dirinya dan sering kecanduan berfantasi tentang dirinya...