Macam-Macam Tipe Cinta



Hampir semua orang yakin bahwa cinta itu berbeda dengan persahabatan. Cinta romantik berkembang lebih cepat daripada persahabatan. Cinta romantik nampaknya lebih mudah retak daripada persahabatan, dan lebih dapat berakibat negatif, misalnya frustrasi (Berscheid, 1985).

Merawat, merupakan dasar konsepsi dari cinta. Dalam hubungan percintaan, perilaku sering lebih dimotivasi oleh kepedulian terhadap minat-minat pasangan daripada minat-minat diri sendiri. Sedangkan kepedulian terhadap kebutuhan-kebutuhan diri sendiri nampaknya lebih merupakan ciri ketertarikan sepintas lalu daripada hubungan percintaan yang serius (Steck, Levitane, & Kelley, 1982).

Terdapat dua tipe cinta menurut Walster dkk : passionate (romantik) dan companionate (Hatfield, 1988; Peele, 1988; Walster & Walster, 1978).
  1. Cinta passionate merupakan pengalaman emosional yang mendalam: luar biasa gembira jika berbalas, dan sangat menderita bila tak berbalas.
  2. Cinta companionate merupakan bentuk cinta yang lebih familiar, yang didefinisikan sebagai afeksi yang kita rasakan terhadap seseorang yang memiliki jalinan mendalam dengan diri kita, merefleksikan hubungan jangka panjang, dan kemungkinan merupakan tahap lanjut dari cinta romantik.
John Alan Lee (1973) menunjukkan bahwa cinta itu bervariasi. Terdapat enam tipe gaya mencinta :
  1. Cinta romantik
  2. Cinta permainan (game-playing love) 
  3. Cinta persahabatan
  4. Cinta yang menguasai (possesive love)
  5. Cinta yang logis
  6. Cinta diri. 
Robert Sternberg (1986) mencirikan cinta sebagai segi tiga yang terdiri dari tiga komponen :
  1. Keintiman : Keintiman menunjuk pada perasaan kedekatan/keterikatan terhadap orang lain.
  2. Gairah/nafsu : Gairah/nafsu menunjuk pada aspek romantik dan seksual dalalam hubungan
  3. Keputusan/komitmen : Keputusan/komitmen, mencakup dua aspek : Pada tahap awal hubungan, menunjuk pada keputusan untuk menjalin cinta dengan seseoang; Pada tahap lanjut, menunjuk pada tingkat komitmen seseorang untuk terus mencintai orang tersebut. 

 
Menurut Sternberg, perbedaan tipe cinta merupakan hasil dari perbedaan kekuatan dari tiga komponen tersebut diatas. Sebagai contoh :
  • Tipe suka (liking), mencakup keintiman yang kuat, tetapi sedikit gairah/nafsu dan komitmen.
  • Tipe infatuation, gairah/nafsunya paling kuat. 
  • Tipe empty love, komitmen yang paling kuat. 
  • Tipe consummate love, memiliki keseimbangan antara keintiman, nafsu, dan keputusan/komitmen. 
  • Tipe romantic love, mencakup keintiman dan nafsu yang kuat, namun lemah dalam hal keputusan/komitmen.


1 comment:

Dark Psychology (Narsissism)

Orang narsisis dikategorikan sebagai orang yang memiliki gambaran berlebihan tentang dirinya dan sering kecanduan berfantasi tentang dirinya...