Proses Seleksi Calon Karyawan



Proses seleksi karyawan di perusahaan di Indonesia bervariasi. Namun secara garis besar proses seleksi karyawan berlangsung dengan tahapan - tahapan berikut.
  1. Tahap I : Seleksi surat lamaran, dipertimbangkan apakah masuk pada tahap seleksi berikutnya.
  2. Tahap II : Wawancara awal, diwawancarai oleh bagian dari SDM untuk mendapat gambaran umum tentang kesesuaian calon. Kepada calon diceritakan tentang pekerjaannya, apa yang diharapkan dari calon dan apa yang dapat diberikan oleh perusahaan kepada calon.
  3. Tahap III : (a) Ujian tertulis tentang pengetahuan dan keterampilan dengan pekerjaan yang dilamar, (b) Psikotest , (c) calon diwawancarai oleh pimpinan unit kerja yang membutuhkan tenaganya. Proses a, b, c pada tahap tiga ini bisa dilakukan semuanya atau hanya 2 atau 1, bermacam variasi dari masing - masing perusahaan.
  4. Tahap IV : Penilaian Akhir, dinilai dari keseluruhan tahap I,II dan III, lalu jika diterima di tes kesehatan.
  5. Tahap V : Pemberitahuan dan Wawancara Akhir tentang berbagai kebijakan dalam perusahaan.
  6. Tahap VI : Penerimaan, mendapatkan surat keputusan diterima kerja dengan berbagai persyaratan dan ada kalanya kontrak kerja.

 Ashar Suyonto Munandar (2001)

Mudah - mudahan bermanfaat.....
  

No comments:

Post a Comment

Dark Psychology (Narsissism)

Orang narsisis dikategorikan sebagai orang yang memiliki gambaran berlebihan tentang dirinya dan sering kecanduan berfantasi tentang dirinya...